Ada beberapa aspek tekhnis yang perlu di perhatikan dalam bersepeda
ketika menghadapi tanjakan tujuan nya tidak lain tentu untuk mendapatkan
kayuhan yang optimal. Jika sebelumnya kami telah kami tulis "TIPS UNTUK MENYETING SUSPENSI MENGHADAPI TANJAKAN" Pada postingan kali ini kami ulas secara singkat aspek TEKHNIK SHIFTING GEAR (GIGI) SEPEDA UNTUK MELEWATI TREK TANJAKAN . Tips ini berlaku untuk cyclist off-road maupun on-road .
Shifting atau yang sering disebut juga pemindahan gigi transmisi
tentunya sudah akrab bagi para penggemar olah raga sepeda , shifter
adalah perangkat yang terhubung dengan FD (Front deralieur) FD dan RD
inilah yang bertugas memindahkan gigi (Chainrings) baik depan maupun
belakang.
Shifting yang benar pada saat tanjakan akan memberikan kenyamanantersendiri bagi rider.
untuk rider yang mempunyai power (tenaga) dan otot kaki yang kuat tidak
menjadi masalah menggunakan chainring (gir) depan paling besar dan gir
belakang paling kecil, Maka shifting dengan model ini akan memberikan
akselerasi maksimum pada saat kita menggayuh sepeda. Untuk rider pemula
shifting menggunakan Chainring (gir) depan paling kecil dan gir belakang
paling besaar, memberiakan kenyamanan ketiaka menggayuh pedal
.Konsekuensi tekhnik shifting seperti ini, sepeda berjalan pelan Tips
untuk tekhnik ini usahakan untuk tidak berdiri diatas sadel tetapi
percepat kayuhan rider.
Dengan berlatih dan kebiasaan bersepeda kita akan menemukan sendiri
kemampuan otot kaki ketika menghadapi medan tanjakan semakin sering
bersepeda dan berlatih di tanjakan TEKHNIK SHIFTING GEAR (GIGI) SEPEDA UNTUK MELEWATI TREK TANJKAN Rider dapat mengukur penggunaan gear yang paling ideal sesuaikan dengan kemampuan "otot-nya"Sumber : http://sepedagarut.blogspot.com/2012/07/tekhnik-shifting-gear-untuk-melewati.html
0 komentar:
Posting Komentar